Bagaimana Cara Memilih Asuransi

>> Monday, December 22, 2008


Bingung dengan berbagai penawaran Asuransi? Ada yang bilang, Asuransi Lokal lebih baik dari pada Asuransi Lokal Plus (Yaitu Asuransi yang pusatnya di Manca Negara), ada yang bilang Asuransi Murni lebih aman dibandingkan dengan Unit Link, dan lain-lain.

Berikut Tips-tips memilih Asuransi, secara program, Perusahaan, dan Agen Asuransi.

Berdasarkan Program

Sekali lagi, setelah ANDA meng-"konsep" perencanaan masa depan ANDA, ANDA tentu harus merealisasikannya. Setelah konsep ANDA selesai, maka mulailah  hunting Asuransi, dengan pertimbangan-pertimbangan:
  1. Program tersebut mencakup semua kebutuhan ANDA, misal jika ANDA hanya membutuhkan dana hari tua, maka hanya program itulah yang ANDA beli,  jika ANDA menginginkan biaya rumah sakit, pendidikan Anak ANDA, dan lain-lain, pastikan, ANDA mengerti dengan jelas, kemana alokasi premi ANDA.
  2. Jika ANDA belum memiliki asuransi sama sekali, maka Program tersebut dapat mengcover  biaya rumah sakit ANDA sekeluarga hanya dalam satu Polis
  3. Memiliki hasil Investasi yang baik (cukup besar untuk mengikuti inflasi di kemudian hari)
  4. Aman
  5. Sesuai dengan kemampuan ANDA dalam pembayaran Premi.
Berdasarkan Perusahaan
  1. Perusahaan sudah lama berdiri, dan memiliki banyak cabang (kalau perlu sampai di manca negara), untuk mempersempit kemungkinan collapse.  Semakin banyak cabang, tentu semakin banyak nasabah, dan semakin kuat juga perusahaan tersebut. Kita ambil contoh kasus yang baru-batu terjadi pada perusahaan Asuransi raksasa di Amerika, anak-anak perusahaan tersebut di Asia tetap baik dalam pelayanan, kekuatan finansial, dan tidak terjadi rush berlebihan.
  2. Perusahaan memiliki lisensi dari AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia), dan sudah lama berdiri di Indonesia.
  3. Perusahaan memiliki RBC (Risk Base Capital) sesuai ketentuan pemeritah, yaitu 120%. Jika perusahaan memenuhi kriteria tersebut, maka di mata pemerintah, perusahaan tersebut sehat secara finansial yang memiliki kemampuan untuk menanggung resiko nasabah. Sun Life FinanciaL Indonesia memiliki RBC lebih dari 250%.
  4. Perusahaan memiliki banyak sarana investasi, baik program Unit Link dengan alokasi dana di banyak piliuhan, maupun Asuransi Murni yang dijamin 100%. Program Unit Link Sun Life mengalokasikan dana pada 7 jenis investasi,yang dapat nasabah pilih sendiri menurut profil resiko masing-masing nasabah (disediakan kuesioner pada saat pengajuan program), dan memiliki berbagai ragam program Asuransi Murni yang nilainya dijamin.
Berdasarkan Agen / Financial Consultant
  1. Agen memiliki lisensi keagenan dari AAJI, mintalah menunjukkan lisensi asli tersebut jika ANDA ragu
  2. Agen mau mendengarkan dan merencanakan konsep bagi ANDA sesuai dengan yang ANDA inginkan, dan tidak memaksakan kehendak Agen tersebut
  3. Agen tidak membuat perbandingan yang negatif mengenai perusahaan Asuransi lain
  4. Agen memiliki Asuransi dari perusahaan yang dibawanya. Dengan demikian agen percaya pada perusahaan, sehingga ANDA boleh yakin bahwa agen merekomendasikan perusahaan yang memang benar-benar agen percayakan masa depannya. Mintalah menunjukkan polis agen tersebut.
Selamat memilih Asuransi.

Salam Konsep,
Firsty Relia Renata,ST


0 comments:

  © Blogger template Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP