LANGKAH CERDIK : Usia 25 – 35 tahun

>> Saturday, January 31, 2009


Setiap resesi memang terasa tidak menyenangkan, dan mustahil mengatakan akan seperti apa perkembangan resesi kali ini. Kemungkinan yang paling mengerikan adalah kita semua akan mengalami kesengsaraan, tapi tanpa merasakan hasilnya.


 


Kita berada dalam fase akumulasi di usia ini. Mulai  menabung sekarang ini adalah masa yang tepat untuk kita. Yang terpenting adalah jumlah yang bisa kita tabung – dan mengembangkan kebiasaan pengelolaan uang yang baik akan berbuah di masa depan.


 


Targetkan untuk menyisihkan 20% penghasilan kita.


 


Pertama

 


Fokus pada pelunasan hutang, khususnya kartu kredit dengan dengan tingkat bunga yang tinggi. Jika mungkin, kita dapat meminta kreditur untuk memotong tingkat bunga kartu. Dalam kondisi seperti ini, kemungkinan kreditur lebih bersedia mendengar.


 


Kedua

 


Berinvestasi dalam asuransi unit-link, khususnya sekarang, ketika harga rendah. Dengan prospek kita yang masih panjang, kita akan mendapat untung dari kinerja jangka panjang bursa saham. Selain itu, kita memiliki proteksi berupa uang pertanggungan dari perusahaan  asuransi sebagai pengambil alih resiko jiwa kita.


 


Ketiga

 

Jika kita khawatir akan terkena PHK, kita dapat membuat dana darurat untuk setahun, atau jika tidak, kita dapat membuat persediaan dana tunai untuk enam bulan. Kita dapat membuka rekening tabungan yang terpisah untuk dana pensiun, pendidikan anak, dan atau mungkin untuk rumah pertama


 


Jika memungkinkan, kita dapat memaksimalkan tabungan pensiun. Kekacauan financial saat ini, menurut banyak penasihat, adalah peluang beli yang terjadi seumur hidup. Instrumen Investasi Unit-Link yang dimiliki perusahaan-perusahaan Asuransi di Indonesia memungkinkan kita untuk merencanakan pensiun kita dengan cara yang lebih mudah bagi kita yang tidak mau dipusingkan oleh masalah harga saham. Perusahaan asuransi akan mengalokasikan dana kita ke pasar-pasar yang direkomendasikan.


 


Untuk mencapai hasil yang maksimal kita dapat memilih profil investasi yang bersifat lebih  agresif, untuk kemudian diubah menjelang masa pensiun ke profil yang lebih moderat.


 

 


Dan yang terpenting sekarang adalah mulai merencanakan konsep untuk mengantisipasi krisis berkepanjangan, lalu merealisasikannya sesegera mungkin.




  © Blogger template Sunset by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP